Panduan Addon Domain di Cyberpanel


Anda ingin menambahkan domain ke hosting yang menggunakan CyberPanel? Tapi, masih bingung caranya karena tak ada menu yang khusus addon domain CyberPanel?

Tenang, langkahnya cukup mudah kok. Di artikel ini, kita akan memberikan panduan addon domain di CyberPanel dengan lengkap. Yuk, ikuti panduannya berikut ini.

Cara Addon Domain CyberPanel.

Sebelum memulai panduan addon domain di cyberpanel, pastikan terlebih dahulu domain yang akan ditambahkan apakah sudah terhubung dengan VPS kamu. Jika sudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Login ke CyberPanel
2. Mengakses Menu Websites
3. Menambahkan Domain
4Mengecek List Websites

Yuk, langsung saja ikuti panduannya!

Login ke CyberPanel

Login CyberPanel untuk Addon Domain
Sumber : www.niagahoster.co.id

Kamu bisa masuk ke dashboard CyberPanel dengan akses alamat https://IP-Server-Anda:8090 pada browser kamu.

Masukkan username & password akun CyberPanel kamu, kemudian klik tombol Sign In.

Mengakses Menu Websites

Mengakses Menu Create Website
Sumber : www.niagahoster.co.id

Untuk melakukan addon domain di CyberPanel, kamu perlu mengakses menu Create Website dibagian sidebar menu di halaman dashboard CyberPanel.

Menambahkan Domain

addon domain cyberpanel
Sumber : www.niagahoster.co.id

Pada halaman create website, silahkan kamu isi form detail website yang akan di buat. Kamu perlu mengisi kolom sebagai berikut :

Select Package Pilih package default
Select Owner — Secara default, owner website yaitu admin. Tetapi, kamu juga tetap bisa memilih pengguna yang lain sebagai owner untuk mengelola website.
Domain Name – Yaitu masukkan nama domain website untuk install WordPress
Email — Masukkan email yang kamu gunakan untuk mengelola website
Select PHP —  Pilih versi PHP yang akan kamu gunakan pada website
Additional Features  Bagian ini adalah fitur tambahan bagi website kamu berupa SSLDKIM Support dan open_basedir Protection untuk tambahan keamanan & Create Mail Domain untuk  membuat email menggunakan domain sendiri.

Baca Juga :  SpamExpert: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Jika semua detail sudah di isi, lalu klik tombol Create Website. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul pesan Successfully Installed.

Mengecek List Websites

Mengecek List Website CyberPanel
Sumber : www.niagahoster.co.id

Untuk mengecek domain yang baru saja di tambahkan, kamu dapat mengakses menu Websites > List Websites.

Pada halaman ini, kamu dapat melihat semua domain yang kamu kelola menggunakan CyberPanel. Kalau langkah addon domain CyberPanel ini berhasil, domain terbaru kamu akan muncul dalam daftar itu.

Kesimpulan

Sudah berhasil mengikuti cara addon domain di CyberPanel? Cukup mengakses menu Create Website, kamu sudah bisa menambahkan domain baru.

Berkat kemudahan inilah, CyberPanel cocok untuk mengelola jenis website. Apalagi, dengan dukungan OpenLiteSpeed yang membuat kinerja website semakin cepat dan adanya fitur tambahan di antaranya seperti Embedded Security yang akan melindungi website kamu secara real-time dari ancaman keamanan.