Jenis Hosting untuk Website Pemerintahan yang Harus Anda Tahu


Website untuk instansi pemerintahan serin digunakan untuk menjelaskan visi misi, menampilkan profil instansi, dan mengumumkan informasi yang penting. Tapi, web pemerintah juga mempunyai manfaat penting sebagai berikut:

1. Menyosialisasikan Kebijakan atau Program Pemerintah

Pemerintah selalu membuat kebijakan / program baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar rakyat paham dengan rencana itu, pemerintah harus memberikan sosialisasi.

Pemerintah bisa memanfaatkan website sebagai tempat untuk mengumumkan kebijakan, terutama kepada masyarakat yang mempunyai akses internet. Dengan begitu, pemerintah dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melaksanakan sosialisasi itu.

2. Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah

Banyak daerah di Indonesia yang mmempunyai potensi pariwisata, baik itu wisata kuliner, wisata alam, maupun budaya.  Namun sayangnya, tanpa promosi yang baik, potensi itu bisa saja sulit dikembangkan.

Dengan adanya website, pemerintah bisa dengan mudah untuk mengenalkan objek-objek wisata daerah ke audiens. Contohnya, dengan menceritakan objek itu dengan tulisan dan foto yang mendukung narasinya.

Ketika potensi wisata setempat dimanfaatkan dengan sangat baik dan mampu menarik pengunjung, pemerintah daerah bisa membantu ekonomi rakyat dengan baik.

3. Menjadi Media Publikasi Kegiatan Pemerintah

Masyarakat perlu tahu program pemerintah dan pelaksanaannya. Misalnya seperti pembangunan fasilitas umum, seperti puskesmas dan jembatan.

Dengan menggunakan website, pemerintah dapat menginformasikan kegiatan itu dan anggaran yang digunakan. Selain mendukung upaya transparansi anggaran, hal tersebut juga membantu masyarakat yang ingin ikut dan mengawasi aktivitas pemerintah.

4. Sebagai Wadah Masukan Masyarakat

Pemerintah patut terbuka terhadap masukan dari masyarakat. Website membantu memudahkan proses penyampaian saran & kritik tersebut.

Dengan website, instansi pemerintah dapat menambahkan halaman khusus berisi formulir masukan.  Dan nantinya, semua pesan itu bisa diarahkan ke inbox email resmi pemerintah.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

5. Sebagai Sarana Pelayanan Administrasi

Di zaman serba digital sekarang ini, sudah selayaknya masyarakat bisa mengakses pelayanan administrasi, termasuk dokumen kependudukan & perizinan, secara online. Jadi, masyarakat tidak perlu datang ke kantor administrasi pemerintah.

Nah, website pemerintah dapat dimanfaatkan untuk memberikan layanan administrasi itu. Selain memudahkan proses pelayanan, penggunaan website ini juga bermanfaat untuk mengurangi praktik pungli.

Apa Jenis Hosting yang Tepat untuk Website Pemerintahan?

Tidak semua layanan hosting cocok untuk website pemerintah. Hal ini karena adanya kebutuhan untuk mengelola banyak data serta pengunjung bersamaan. Nah, VPS dan cloud hosting dapat menjadi pilihannya. Kenapa?

1. VPS

VPS yaitu jenis hosting yang sumber dayanya besar, hingga mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menunjang kebutuhan website yang berisi banyak data, seperti web pemerintah.

Data itu meliputi beberapa hal, seperti halaman web & kontennya. Mengingat fungsi website pemerintah untuk sarana publikasi informasi resmi, wajar bila ada banyak foto di dalamnya.

Kebutuhan di atas tentu kurang sesuai apabila hanya mengandalkan jenis shared hosting.

Yang tidak kalah penting yaitu, performa VPS stabil karena sumber dayanya terdedikasi. Jadi, VPS dapat menampung banyak pengunjung bersamaan. Hal tersebut penting bagi website instansi pemerintah yang harus di akses setiap saat.

Kelebihan VPS yang bermanfaat untuk web pemerintahan bukan hanya itu. Jenis hosting tersebut memberi kebebasan untuk menentukan pengaturan hosting. Hingga, kamu bisa memilih sistem operasi & panel kontrol hosting yang kamu kuasai.

Selain itu, VPS memungkinkan kamu untuk menginstal aplikasi tambahan di hosting untuk kebutuhan website. Contohnya, untuk meningkatkan kecepatan & keamanan website.

Singkatnya, dengan VPS kamu bisa mendapatkan performa terbaik dari sumber daya dan teknologi, tanpa mengeluarkan dana lebih untuk menyewa dedicated hosting.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Kekurangan Hosting Gratis (Wajib Tahu!)

Untuk memanfaatkan kebebasan pengaturan, staf IT instansi kamu harus paham tentang perintah Linux atau Windows. Karena, konfigurasi dan pengelolaan VPS membutuhkan pengetahuan teknis itu.

Jika staf IT instansi kamu belum ahli, tidak masalah. Kamu bisa menggunakan cloud hosting yang sama kuatnya dengan VPS, tetapi lebih mudah di kelola.

2. Cloud Hosting

Seperti VPS, cloud hosting yaitu hosting dengan sumber daya yang terdedikasi. Bedanya yaitu, jika menggunakan jenis layanan hosting tersebut, data website instansi kamu di simpan di beberapa server sekaligus.

Ketika server cloud hosting mengalami gangguan, server yang lain menggantikannya. Dengan begitu, maka website bisa selalu online. Fungsi ini tentu mendukung website pemerintah yang tersedia setiap saat untuk masyarakat.

Cloud hosting punya keunggulan lainnya, yaitu lebih mudah di kelola orang yang masih baru. Sebab, konfigurasi hosting, termasuk instalasi sistem operasi & panel kontrol, di lakukan penyedia hosting. Dengan begitu, satf IT kamu bisa langsung tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Soal kecepatan dan keamanan cloud hosting, kamu tidak perlu khawatir. Penyedia cloud hosting mengoptimalkan kedua hal tersebut, sehingga kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan sendiri.

Karena bisa langsung digunakan tanpa konfigurasi dahulu, cloud hosting ini cocok untuk instansi pemerintah yang staf IT-nya belum cukup mahir menggunakan perintah Linux / Windows untuk mengelola hosting.