Daftar Lengkap Kekurangan Hosting Gratis (Wajib Tahu!)


Tahukah kamu kekurangan hosting gratis? Apakah bahaya bagi website Anda? Kalau Anda belum tahu, Anda sudah ada di artikel yang tepat. Di artikel ini, kita akan membahas tentang keterbatasan hosting gratis untuk website Anda.

Tidak perlu basa-basi, mari kita simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Web Hosting dan Mengapa Ini Penting?

Web hosting yaitu tempat untuk menyimpan seluruh data website Anda, supaya bisa diakses pengunjung melalui internet. Data website yang dimaksud ini bisa berupa gambar, email, script, video, aplikasi, dan database.

Tanpa adanya hosting, website kamu tidak akan bisa diakses. Itulah peran penting hosting yang pertama.

Selain itu, kualitas hosting harus diperhatikan. Mulai dari performa yang optimal karna teknologi server yang baik, hingga keamanan yang cukup kuat demi melindungi data website & pengunjung.

Nah, apakah sebuah hosting gratis dapat memberikan semua keunggulan tersebut?

Sayangnya, masih banyak keterbatasan hosting gratis yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya untuk website kamu.

6 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis

  • Server Tidak Stabil
  • Keamanan Data Kurang Terjamin
  • Nama Domain Tidak Profesional
  • Muncul Iklan di Halaman Website
  • Kapasitas Bandwidth & Disk Space Terbatas
  • Kurangnya Customer Support

Yuk, mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Server Tidak Stabil

Performa website menjadi prioritas yang paling utama ketika membangun sebuah website. Itulah kenapa, server web hosting yang di gunakan harus stabil. Apabila tidak, maka website akan sering down dan tak bisa di akses oleh pengunjung.

Biasanya, penyedia hosting gratis ini akan menyediakan satu server untuk website. Akibatnya, performa server jadi tidak stabil.

Server yang down akan merugikan kamu sebagai pemilik website, itulah mengapa kamu harus berhati-hati dalam memilih paket hosting.

Baca Juga :  cPanel vs CyberPanel: Mana yang Terbaik untuk Hosting?

2. Keamanan Data Kurang Terjamin

Kekurangan hosting yang berikutnya yaitu keamanan data website kurang terjamin. Kebanyakan hosting gratis cuma menyediakan fitur perlindungan keamanan standar. Sehingga, website mudah terkena serangan hacker. Artinya, data-data website kamu tidak aman dan bisa sewaktu-waktu akan hilang.

Hal ini pernah menimpa Hetzner, yaitu salah satu penyedia layanan hosting. Karena perbuatan hacker, data pribadi milik 40 ribu pengguna mereka bocor.

Hal tersebut sangat berbahaya karena hacker bisa menyalahgunakan data itu untuk hal-hal yang merugikan. Itulah sebabnya, keamanan data kurang terjamin menjadi kekurangan hosting gratis.

3. Nama Domain Tidak Profesional

Jika kamu menggunakan hosting gratis, penyedia layanan hosting ini akan memberikan nama domain gratis untuk website kamu. Hanya saja, kamu di beri kebebasan untuk memilih nama third level domain, bukan nama domain utama.

Sebagai gambaran, alamat website kamu akan tertulis bisnisanda.layananhosting.com. Karena kamu hanya bisa memilih third level domain, dan akibatnya alamat website kamu terlalu panjang dan terkesan tidak profesional.

Di tambah lagi, pengunjung website kamu akan kesulitan menghafal alamat website. Sehingga, website kamu akan sulit bersaing dengan kompetitor.

4. Muncul Iklan di Halaman Website

Kekurangan hosting gratis yang selanjutnya yaitu munculnya iklan di halaman website kamu.  Sebuah perusahaan pasti membutuhkan modal besar untuk bisa menyediakan layanan hosting. Jika kamu menggunakan paket hosting secara cuma-cuma, otomatis perusahaan pasti akan mengambil keuntungan dengan cara lain.

Salah satunya yaitu dengan menampilkan iklan. Adanya banner iklan pasti akan mengganggu pengunjung yang ingin melihat konten kamu dan akan membuat website kamu terlihat tidak rapi.

5. Kapasitas Bandwidth dan Disk Space Terbatas

Data yang kamu unggah ke website akan tersimpan di server hosting. Nah itulah mengapa, kapasitas bandwidth dan disk space terbatas menjadi salah satu kekurangan dari hosting gratis.

Baca Juga :  Apakah Website WordPress Mudah Kena Hack? Ini Faktanya..

Keterbatasan ruang penyimpanan (disk space) ini akan menyebabkan kamu tidak bisa mengunggah foto, file, atau video pada website dengan bebas.

Jika kamu melebihi batas ruang penyimpanan, kamu tidak akan bisa mengunggah file yang baru karena website kamu telah melampaui batas yang di tetapkan layanan hosting kamu.

Kabar buruknya lagi, server bisa down saat diakses banyak orang secara bersamaan kalau kapasitas bandwidth kamu terbatas. Sebab, akan terjadi overload karena harus melayani permintaan di luar kapasitasnya.

6. Customer Support Terbatas

Umumnya, hosting gratis ini tidak menyediakan customer support yang akan membantu kamu ketika terjadi kendala. Beberapa bahkan menjawab pertanyaan dari pengguna lewat forum.

Tak hanya itu, kamu mungkin di haruskan untuk membaca sendiri penyelesaian masalah sesuai dengan dokumentasi yang di sediakan. Ini pastinya menjadi kekurangan hosting gratis terbesar.