Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting [Gampang Banget]


Sebelum praktik cara melihat name server di cPanel, kami akan menginformasikan bahwa Name Server dan Nameserver merupakan dua istilah yang berbeda.

Name Server atau Server Number yaitu identitas server milik penyedia web hosting. Ini biasanya, penyedia hosting memiliki banyak server yang beroperasi secara bersamaan. Setiap server ini di pakai untuk menampung akun hosting yang sesuai kapasitasnya.

Jika kamu berlangganan lebih dari 1 paket hosting di penyedia layanan yang sama, tidak mungkin hosting kamu akan di taruh di server yang berbeda.

Sedangkan Nameserver yaitu nama web server yang dipakai untuk mengarahkan domain ke hosting. Jika kamu membeli hosting dan domain di 2 penyedia berbeda, biasanya Nameserver ini harus di konfigurasi secara manual.

Namun sebaliknya, jika kamu langganan domain dan hosting di penyedia yang sama, Nameserver biasanya sudah otomatis terkonfigurasi oleh sistem.

Itu tadi perbedaan antara Name Server dan Nameserver. Di poin selanjutnya, kita akan ajak kamu praktik langsung cara melihat Name Server di cPanel hosting.

Cara Mengetahui Name Server Hosting Anda Sendiri

Berikut ini cara mengetahui Name Server hosting milik akun kamu :

  1. Cara Mengetahui Nameserver di Email Selamat Datang
  2. Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting
  3. Dan cara Cek Name Server tanpa harus Masuk cPanel (Recommended)

1. Cara Mengetahui Nameserver di Email Selamat Datang

Sesaat setelah menyelesaikan pembayaran hosting, maka kamu akan menerima email selamat datang yang berisi detail informasi akun hosting, mulai dari nama domain, IP Address, dan detail login FTP.

Bisa kamu lihat sendiri, bagian bertanda merah yaitu detail sepasang Nameserver untuk kamu. Namun di email yang satu ini, kamu belum mendapat informasi mengenai Name Server.

Baca Juga :  Perbedaan VPS dan Dedicated Server yang Harus Anda Tahu

Dan lagi, jika kamu sudah lama membeli hosting, mungkin kamu sudah tidak bisa menemukan email selamat datang itu. Bisa jadi karena tertimbun ratusan email yang lain, atau malah tidak sengaja terhapus.

2. Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting

Dengan mengakses cPanel, maka kamu bisa mengikuti cara mengetahui Name Server hosting milik kamu. Caranya seperti biasa, akses cPanel bermodalkan username & password. Jika sudah klik Log in:

login cpanel

Sekarang, kamu sudah berada di dashboard cPanel. Lalu, coba perhatikan URL cPanel kamu di Address Bar. Nah, bagian bertanda merah adalah Name Server kamu.

cara melihat name server di cpanel url cpanel

Berhubung masih di cPanel, masih ada juga cara melihat Name Server di cPanel yang lain. Caranya dengan klik menu Server Information seperti di bawah ini:

server information

Jika sudah, maka akan terlihat informasi Server Name atau Server Number kamu. Bagaimana, mudah bukan?

cara melihat name server di cpanel server information

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, cara mengetahui Name Server hosting poin 3 ini paling recommended, karena kamu bisa melihat detail Nameserver & Server Number sekaligus.

Apalagi dengan trik ini, kamu tidak perlu login ke cPanel / menelusuri email selamat datang di antara tumpukan email yang lain di inbox kamu. Lantas, bagaimana caranya?

Di beranda, klik tombol Kelola Hosting. Di halaman Pengaturan Hosting klik tab Detail.

Jika sudah, akan muncul dua hal yang kamu cari:

cara mengetahui name server hosting member area niagahoster

Perhatikan gambar di atas! Bagian bertanda hijau ialah Server Number kamu, sementara yang di tandai merah ialah sepasang Nameserver kamu.