Apa itu Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Cara Melakukannya


Promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan guna untuk menyebarkan informasi, dan mempengaruhi orang supaya bersedia membeli produk.

Dengan kata lain, maksud promosi yaitu memasarkan produk ke orang agar mereka tahu tentang produk yang ditawarkan dan manfaat yang akan mereka dapatkan.

Promosi memang bisa dilakukan lewat beberapa cara. Bisa dengan membuat baliho, atau konten visual di majalah atau konten audio visual seperti iklan di radio dan televisi.

Pun demikian, upaya melakukan promosi ini mulai berkembang & menjanjikan hasil yang tidak kalah baik. Contohnya yaitu, bekerjasama influencer untuk kampanye produk, hingga menggelar suatu event yang besar saat mengenalkan brand.

Yang paling menarik, sekarang banyak media yang bisa digunakan untuk mendukung upaya promosi yang efektif. Mulai dari menggunakan sosial media seperti Facebook, YouTube,  Instagram, hingga memanfaatkan website dan blog.

Semua usaha untuk melakukan promosi secara online dikenal dengan digital marketing.

Menjual produk lewat digital marketing ini cukup potensial. Sebab, ada 204.7 juta pengguna internet di Indonesia yang menjadi target dari promosi kamu. Karena, ketika menjalankan promosi secara digital, kamu:

  • Mudah menjangkau target pasa lebih luas, bahkan sampai ke miliaran pengguna internet di dunia;
  • Lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi 2 arah dengan audiens
  • Bebas menentukan waktu & durasi pelaksanaan program pemasaran.

Nah, sebenarnya siapa sih yang harus melakukan promosi atau online marketing?

Semua pelaku bisnis harus melakukan promosi. Baik yang memiliki usaha online seperti penjual produk fashion maupun elektronik, dan kamu yang menjalankan bisnis secara offline seperti cafe ataupun restoran.

Tujuan Promosi

Sekarang kamu sudah tahu apa itu promosi. Lantas, tujuan promosi sebenarnya untuk apa sih?

Baca Juga :  Mengenal Domain .IN dan Perbedaannya dengan .COM

Tujuan promosi yaitu untuk merangsang minat calon konsumen kepada produk, dengan menciptakan kesadaran tentang apa yang mereka butuhkan dan bagaimana bisnis kamu bisa menjadi solusinya.

Selain itu, masih ada banyak lagi tujuan promosi yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Membentuk citra produk atau brand – Dengan menggunakan konten-konten promosi yang menarik dan bisa ditemukan di banyak tempat, audiens akan lebih mengenal brand kamu. Misalnya, brand Shopee yang platform online, menggunakan promosi di YouTube agar audiens aware tau tentang bisnis mereka.

2. Meningkatkan Penjualan– Promosi juga bertujuan meningkatkan penjualan produk. Karena, promosi akan memperkenalkan benefit produk yang didapatkan oleh konsumen. Sehingga, peluang untuk menarik perhatian calon konsumen untuk membeli akan lebih besar.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen – Kompetitor akan merebut hati pelanggan kamu. Namun, selama kamu selalu memberikan penawaran menarik, lebih mudah membuat pelanggan kamu setia. Jangan lupa untuk melakukan upaya promosi secara rutin, jadi konsumen bisa mengetahui setiap penawaran spesial yang kamu berikan.

Fungsi

Utamanya, fungsi promosi yaitu mengenalkan bisnis atau produk ke konsumen.

Bisnis ibarat badan, promosi ibarat kaki, & konsumen merupakan tujuan yang ingin dituju. Jadi, fungsi promosi yaitu membantu sebuah bisnis untuk menjangkau target konsumennya.

Salah satu contoh fungsi promosi adalah brand awareness. Maksudnya, upaya promosi yang di lakukan ini harus mampu membuat konsumen mengenal brand dengan baik. Pada tahap awal, cukup mengenal tentang elemen brand seperti warna, font, dan lainnya.

Pada akhirnya, saat calon konsumen familiar dengan brand, mereka akan tahu produk yang di milikinya. Dengan begitu, maka akan mudah meyakinkan mereka membeli produk yang di  tawarkan saat mereka membutuhkannya.

Baca Juga :  Cara Menjadi YouTuber Pemula Cuma Modal Hp

Beberapa Contoh Promosi yang Efektif

1. Promosi Dengan Cashback

Contoh promosi efektif yang pertama adalah dengan menerapkan Cashback. Cashback yaitu pengembalian sejumlah uang saat konsumen melakukan pembelian produk & nominal tertentu.

Cashback masih menjadi promosi yang menarik untuk konsumen. Itulah kenapa bisnis menggelar event promo dengan daya tarik penawaran cashback.

2. Promosi Flash Sale

Selanjutnya, ada contoh promosi efektif dengan Flash Sale, adalah menjual produk dengan jumlah terbatas, harga murah serta waktu terbatas.

Mungkin saja kamu sudah mengenal Flash sale dari marketplace besar di Indonesia. Banyak calon konsumen yang tidak mau melewati kesempatan langka tesaebut. Produk yang di jual melalui Flash sale ini pasti hampir ludes dalam waktu singkat!

3. Menggandeng Influencer

Sesuai namanya, seorang influencer ini memang mempunyai pengaruh yang besar pada followernya, termasuk dalam hal pembelian produk. 82% konsumen akan membeli produk yang di rekomendasikan influencer yang di ikutinya!

Dengan kondisi itu, menggandeng influencer untuk melakukan promo produk merupakan sebuah strategi yang mesti dicoba.

4. Buy 1 Get 1

Buy 1 get 1 sebagai cara promosi yaitu langkah yang sudah sering di gunakan. Contoh promosi tersebut cocok di lakukan untuk jenis produk, mulai dari produk rumah tangga, sampai fashion dan kuliner.

Buy 1 get 1 yaitu contoh promosi yang sama-sama menguntungkan untuk pebisnis dan konsumen. Bagi konsumen, akan senang karena mendapatkan value tambahan. Dan bagi pemilik bisnis, langkah promosi tersebut cukup efektif untuk mengenalkan produk yang baru, sambil tetap mendapatkan profit yang baik.

5. Promosi Dengan Penawaran Free Ongkir

6. Promosi Dengan Blog