7+ Manfaat VPS Murah Bulanan yang Harus Anda Tahu


Dengan menggunakan VPS bulanan, kamu bisa menikmati berbagai manfaat yang ditawarkan oleh VPS, di antaranya seperti:

1. Memiliki Sumber Daya Berkapasitas Besar dan Terdedikasi

Layaknya komputer pribadi, hosting mempunyai sumber daya yang mencakup berbagai komponen, termasuk ruang penyimpanan dan juga RAM. Semakin besar kapasitas sumber daya hosting, kemampuannya akan jadi semakin tangguh.

Nah, VPS merupakan hosting dengan kapasitas sumber daya yang cukup besar. Dengan menggunakan VPS murah bulanan, website kamu jadi bisa melayani banyak pengunjung dengan cepat dan stabil. Kemampuan tersebut dibutuhkan kalau kamu mempunyai website yang sering diserbu oleh pengunjung, seperti toko online.

Menariknya, sumber daya di VPS ini juga terdedikasi. Sehingga, penggunanya tidak berebut penyimpanan atau memori. Dengan begitu, server hosting yang kamu gunakan bisa lebih stabil dan memberikan performa yang optimal untuk website kamu.

2. Memberikan Kebebasan untuk Memilih OS dan Panel Kontrol

Pada jenis layanan hosting lain, kamu tidak bisa memilih sistem operasi (OS) server &  panel kontrol. Karena, penyedia hosting ini sudah menentukan kedua hal itu untuk penggunaan yang optimal.

Sayangnya, apabila kamu masih asing dengan OS dan panel kontrol yang disediakan, kamu jadi harus belajar bagaimana cara menggunakannya terlebih dulu, bukan?

Kalau ingin bisa memilih sistem operasi server & panel kontrol sesuai keinginan, kamu bisa menggunakan VPS bulanan.

Layanan hosting ini menawarkan panel kontrol, termasuk CyberPanel, WHM, dan Webuzo. Pilihan OS-nya juga banyak, seperti Suse, Debian, dan Ubuntu. Bahkan, jika menggunakan VPS berjenis KVM, kamu bisa memilih Windows untuk sistem operasi server.

Dengan adanya pilihan itu, kamu bisa menggunakan panel kontrol dan OS yang paling kamu kuasai. Sehingga, kamu bisa mengelola VPS dengan leluasa tanpa belajar pengoperasian OS atau panel baru.

Baca Juga :  Apa itu XAMPP? Sejarah dan Fungsinya

3. Menyediakan Alamat IP Terdedikasi

Dengan menggunakan VPS murah bulanan, kamu mendapatkan alamat IP terdedikasi. Hal ini sangat penting, terutama jika kamu menjalankan upaya email marketing.

Mengapa begitu? Karena, alamat IP turut menentukan reputasi dari pengirim email. Jika reputasinya buruk, email-email yang kamu kirimkan akan disaring sistem email yang digunakan audiens untuk masuk folder spam, bukan inbox. Jadi, audiens tidak mendapat informasi adanya email promo yang kamu kirimkan.

Alamat IP akan mempunyai reputasi  buruk jika penggunanya dianggap sering mengirim email spam. Biasanya, masalah tersebut terjadi di layanan shared hosting yang alamat IP-nya ini digunakan beberapa pengguna sekaligus.

Jadi, meskipun bukan kamu yang mengirimkan email spam, kamu bisa mendapatkan reputasi yang buruk karena menggunakan alamat IP yang berbagi dengan pengguna lain.

Kejadian di tersebut tidak akan terjadi pada pengguna alamat IP terdedikasi. Karena itu, menggunakan hosting dengan alamat IP terdedikasi merupakan pilihan tepat karena pengelolaan reputasinya ada di tangan kamu.

4. Memberikan Root Access

Root access yaitu salah satu manfaat VPS yang dicari-cari, terutama pengguna hosting yang sudah profesional. Alasannya karena, root access memberikan akses penuh untuk mengubah pengaturan hosting sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, kamu jadi bisa memasang aplikasi tambahan untuk meningkatkan keamanan hosting. Hingga, hacker tidak bisa menyusup ke server & mengambil kendalinya.

Selain itu, root access memungkinkan kamu mengatur siapa saja yang bisa mengubah pengaturan server. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan server jika kamu mengelola website bersama tim.

5. Tidak Sekedar untuk Hosting Website

VPS bulanan bukan hanya bisa digunakan untuk membangun website. Layanan hosting juga dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan lainnya, termasuk menyimpan backup data, membuat server game, dan menguji aplikasi.

Baca Juga :  Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting [Gampang Banget]

Hal-hal tersebut tidak bisa kamu lakukan dengan jenis layanan hosting yang lain, seperti shared hosting. Sebab, VPS ini didukung dengan sumber daya besar yang menghasilkan performa baik untuk berbagai kebutuhan di atas.

6. Bisa untuk Mengelola Beberapa Akun Hosting Sekaligus

VPS murah bulanan cocok untuk kamu yang menjalankan jasa pembuatan website. Karena, sumber daya VPS cukup untuk menjalankan akun hosting sekaligus penting untuk mengelola banyak web klien secara efisien.

Nah, karena untuk membuat akun hosting di VPS mengharuskan kamu membeli lisensi secara terpisah, maka pilihlah penyedia hosting yang VPS-nya di sertai lisensi gratis.

Dengan lisensi cPanel pada layanan itu, kamu bisa membuat hingga lima akun hosting tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

7. Memudahkan Skalabilitas Website

Kalau pengunjung website bertambah, kamu tentu membutuhkan sumber daya yang besar untuk menjaga performanya. Untungnya, dengan VPS, kamu bisa meningkatkan kapasitas sumber daya dengan lebih mudah. Bagaimana caranya?

Kamu cukup upgrade ke paket VPS bulanan yang lebih tinggi. Lalu, penyedia hosting akan meningkatkan kapasitas sumber daya VPS kamu. Prosesnya ini tidak memerlukan pemindahan data ke server lain, sehingga website masih tetap bisa di akses saat upgrade berlangsung.

8. Menawarkan Harga yang Terjangkau

VPS bulanan mempunyai harga terjangkau karena menawarkan durasi yang lebih singkat yaitu per bulan. Layanan ini tentu cocok untuk kamu yang ingin mencoba kemampuan & fitur unggulan yang di tawarkan.

Baik kamu pengguna shared hosting yang resourcenya harus di tingkatkan sesuai bertambahnya pengunjung, atau kamu memang baru mau membangun website dengan potensi traffic tinggi, VPS bulanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan membayar untuk durasi satu bulan, kamu sudah bisa memanfaatkan semua kelebihan VPS. Nah, jika puas dengan performa serta keunggulan yang di berikan, kamu bisa beralih ke durasi berlangganan lebih lama.

Baca Juga :  cPanel vs CyberPanel: Mana yang Terbaik untuk Hosting?